Starry Sun

Jumat, 17 Agustus 2012

DIRGAHAYU INDONESIAKU

dinginnya angin membelai kulit di balik semak-semak pelindung.
membenteng pertahanan dengan tombak runcing yang menjadi pegangan.
saling menjaga, sebuah keharusan bagi kami
tak kenal lelah dan pantang menyerah itu kami
demi dapat mengikrarkan kepemilikan hak bangsa
MERDEKA! MERDEKA!
itu  yang ada di benak masing-masing para pejuang bangsa
walaupun seperjuangan telah tak berkutik, tak membuat kami gentar.
meski harus bersimbah darah dan berhadapan dengan mesin pembunuh
mati terhormat adalah pilihan kami!

DIRGAHAYU INDONESIAKU. 67 tahun sudah umurmu. tidak terasa bumi pertiwi kita sudah tua. bukan "Apa yang telah bangsa berikan padaku?" tapi "Apa yang telah aku berikan pada bangsa". yeah, sudah sering kita dengar, tapi mungkin sedikit mengingatkan rasanya tidak bersalah :D

biasanya kalo 17-an gini seantero Indonesia merayakannya dengan mengadakan lomba se RT atau di sekolah. hal itu sudah menjadi tradisi pada tiap tahunnya. dari lomba untuk anak-anak sampai lomba untuk orang dewasa. hadiahnya gak terlalu gede memang, tapi kebersamaan dan keceriaan yang tercipta gak akan ternilai harganya. apalagi yang memperingati seantero Indonesia, pastinya makin bikin semangat untuk ikut berpartisipasi. saat masih SD dulu, sering banget ikut-ikut lomba 17-an. biarpun gak menang yang penting seru-seruan sama temen sekomplek. pas udah SMA suka ikut lomba di sekolah :p gak malu dong, kan yang ngikut juga temen-temen yang lain hihi. kali ini 17-an pas banget deket sama Idul Fitri (tapi tidak mengurangi semangat memperingatinya dong). jadinya sekolah udah pada libur, jadi gak ada perlombaan apa-apa. apalagi aku udah kuliah, jadi kangen ikut lomba 17-an. lomba apa aja yang biasanya diadain?

1. Makan kerupuk. ini lomba yang paling eksis nih. di tiap tempat yang sedang mengadakan lomba pasti ada lomba kerupuknya hihi. pesertanya juga banyak, soalnya kalo pun gak menang paling nggak udah dapet kerupuk :p dulu aku pernah juara lomba makan kerupuk loh di RT aku :O

2. Balap Karung. lomba ini butuh energi yang besar nih, soalnya harus loncat-loncat dari start sampai finish. bagi yang badannya enteng sih enak, tapi bagi yang badannya berat? ah sudahlah~ lomba ini juga seru loh. semangat 45 nya kerasa banget pas loncat-loncat. gak mau kalah sampe jatuh bangun ngikutin lombanya.

3. Lari Kelereng. wah permainan ini juga seru banget nih. dulu aku gak pernah menang ngikut lomba ini, pasti kesalip pas udah mau menang di depan garis finish. atau udah deket garis finish itu kelereng jatuh. lomba ini melatih konsentrasi sekaligus kecepatan kita. bagi siapapun kalian yang memenangkan lomba ini, wah keren euy :))





4. Memasukkan paku dalam botol. permainan ini biasanya banyak banget yang nyemangatin, bikin pengen cepet-cepet masukin tu paku. tapi semakin mau cepet malah makin grogi haha. biasanya kalo kalah mah nyalain pakunya yang gak bisa lurus :p pengalaman ._.v




5. Joget balon berpasangan. kalo inget pernah ikut lomba ini bawaannya mau ketawa terus. nempelin balon ke jidat terus joget-joget deh. siapa yang balonnya jatuh, gugur. biasanya sampe tuh balon ke leher tetep keukeuh mau jogetin badan. soalnya selain balon gak boleh jatuh, yang jogetnya paling semangat, itu yang menang :p




6. Bakiak. biasanya 1 tim itu terdiri dari 4-5 orang. kita harus kompak gerakin kaki biar gak jatuh. terus juga harus kompak irama kakinya bergerak. aku pernah nih ikut lomba ini, dulu sih menang hihihi. tantangannya cuma 1 nih, jangan sampe jatuh. kalo jatuh 1 makan jatuhlah semuanya hahaha




7. Panjat pinang. nah ini dia lomba yang paling seru. biasanya sekampung-kampung pada ngeliatin :D seru banget pas ngeliatin perjuangan yang ikut lomba mau naik ke atas dengan keadaan pinang yang licin. hdiah yang diletakkan di atas biasanya menarik, kayak sembako, topi, payung, bahkan di puncak biasanya dikibarkan bendera yang dinecis dengan sejumlah uang. ya pada semangat dong :D dulu sempet pernah berpikir ingin ikut lomba ini, tapi setelah ngeliat orang-orang yang ngikut pada merosot semua, akhirnya ku urungkan niat gilaku tadi. dulu di deket rumahku ada sungai, nah di sungai itulah ditancepin pinang. peserta yang ngikut ya nyebur ke sungai :D penonton yang ngeliat, menuhin pinggir-pinggir sungai dan jembatan. alhasil macet parah :p

masih ada banyak lagi lomba-lomba yang diadakan, biasanya di tiap daerah ada lomba yang khas. misalnya di Palembang, lomba dayung sampan di Sungai Musi. jadinya Sungai Musi keliatan keren banget dari atas Ampera :O di sekolah juga ada lomba khas, kayak futsal pake daster. setiap pemain harus mengenakan daster. jadinya larinya susah deh :p atau kayak di sekolah aku. ada lomba yel-yel. tiap kelas menampilkan yel-yel yang berbau kemerdekaan.

pokoknya seru deh kalo masyarakat sedang memperingati Proklamasi. dari yang muda sampai yang tua ikut berpartisipasi merayakannya. lomba-lomba yang diadakan bersangkutan dengan semangat dan perjuangan. mengajarkan kita terhadap semangat juang para pejuang kita. juga mengakrabkan masyarakat dengan kebersamaan yang tercipta.

Indonesia kita udah 67 tahun nih. kita harusnya merawat tanah kita tercinta ini dengan baik. para pejuang terdahulu sudah bersusah payah untuk merebut kemerdekaan. bahkan pejuang yang gugur gak merasakan kemerdekaan. padahal mereka yang merelakan nyawanya demi bangsa. bersyukurlah kita hidup di jaman yang sudah merdeka ini, dan kewajiban kita melanjutkan kemerdekaan yang sudah diambil oleh pejuang terdahulu. jagalah bumi pertiwi kita. ingatlah bagaimana sulit merebutnya. jadilah masyarakat yang cinta tanah air. menjunjung tinggi rasa nasionalisme. menjunjung tinggi kebanggaan atas negri sendiri

bumiku Indonesia
tanahku dilahirkan
bermacam suku dan budaya
tapi satu jua
tanahnya yang kaya, masyarakatnya yang ramah
pun dengan keindahan panoramanya
bumiku Indonesia
merah darahku, putih tulangku
bersatu dalam semangatku
padamu aku mengabdi

5 komentar:

  1. merdeka....cewek nasionalis.....

    BalasHapus
  2. waktu SMA, gue pernah ikut lomba bakiak..
    itu gak keitung berapa kali jatuh, tapi akhirnya menang..
    Tuhan memang adil..
    udah di anugerahi ke-kecean, gue dikasi menang pula di lomba begituan..
    #apasih
    nice post :))

    BalasHapus
  3. makasih semuanya :) liat posting yang lain ya

    BalasHapus
  4. salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
    jujur dalam segala hal tidak akan mengubah duniamu menjadi buruk ,.
    ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

    BalasHapus

penulis sangat membutuhkan kritik, saran serta semangat :)